Senin, 13 Mei 2013

Manfaat Yoga Untuk Ibu Hamil



Saat punggung terasa nyeri dan kaki membengkak, olahraga bukanlah aktivitas yang menyenangkan bagi anda. “Kika dokter anda bilang, aman, olahraga adalah cara yang terbaik menjaga kesehatan si ibu dan bayi,” kata Angela Ferrari, seorang perawat sekaligus ibu rumah tangga di Rumah sakit Umum Massachusetts. Berlatih yoga saat hamil sangat aman. Yoga adalah cara ntuk meregangkan otot dan menguatkan tubuh dalam setiap fase kehamilan. Apa lagi manfaat yoga? Berikut keuntungannya.

Mengurangi Rasa Tidak Nyaman

Menjaga dan menumbuhkan bayi selama sembilan bulan bisa membuat tubuh lelah. “Dalam yoga Anda ankan belajar bagaimana cara melepaskan rasa nyeri dan sakit,” kata Debra Flashenberg, pemilik dan direktur pusat kebugaran yoga di New York City. Lakukan gerakan yang bisa meregangkan otor tangan. Hal tersebut bisa mengurangi rasa nyeri pada pergelangan tagan. Sementara gerakan lain bisa mengurangi rasa nyeri di punggung. Yoga juga bisa meningkatkan keseimbangan tubuh, sirkulasi darah, dan kelenturan otot, dimana semuanya bisa membantu mengurangi rasa tidak nyaman saat mengandung.

Persiapan Persalinan

Badan sehat bisa memudahkan saat proses persalinan. kelas yoga dirancang untuk membentuk dan menyiapkan beberapa otor di daerah kewaniitaan supaya bisa memudahkan persalinan. Membangun kelenturan otot di pusat kewanitaan saat yoga akan berguna saat persalian. Selain itu Anda juga akan diajarkan senam kegel. senam tersebut berguna untuk menguatkan pelvic supaya bisa mengontrol otot di area pusat kewanitaan sehingga bisa berjalan cepat sekaligus mempercepat kesembuhan otot rahim pasca melahirkan. Selain itu Anda juga akan diajarkan beberapa teknik pernapasan dan meditasi

Mengatur Emosi

“Berkumpul dengan perempuan lain yang mengerti naik turunnya emosi saat kehamilan bisa melatih emosi itu sendiri,” kata praktisi Yoga Flashenberg. Berlatih yoga bisa menambah pertemanan. Menurut penelitian yang dilakukan University of Michigan, berlatih yoga dan membangun pertemanan bisa berlanjut sampai masalah membesarkan anak.

Belajar Melahirkan

Kelas melahirkan bisa sangat melelahkan. Dimana Anda belajar sangat banyak dalam waktu singkat. Tapi di kelas yoga, Anda akan menghabiskan waktu berdiskusi seputar melahirkan. Hal yang dibahas biasanya seputar mengurangi rasa nyeri saat persalinan dan hal lain yang bisa memudahkan proses mengeluarkan si bayi.

1 komentar: